Sale!
estetika-marxis

Estetika Marxis

Rp35,000.00 Rp28,000.00

Product Description

Judul : Estetika Marxis
Penulis : Henri Arvon
Penerbit/Tahun: Resist Book/2010
Halaman : 123 Hal.

Soal apakah seharusnya “Seni untuk Rakyat” atau “Seni untuk Seni” sampai sekarang senantiasa menjadi polemik panas yang tak pernah tuntas. Jik “seni untuk seni” diidentikkan estetika Borjuis, maka “seni untuk rakyat” lekat dengan estetika Marxis. Namun, benarkah realisme sosialis sebagai pengusung utama “seni untuk rakyat” sesuai dengan prinsip-prinsip Marxis? Lalu, apakah sebenarnya estetika Marxis itu?

Buku ini merupakan salah satu kajian terbaik mengenai perkembangan filsafat dan historis estetika Marxis. Bagi Arvon estetika Marxis merupakan suatu doktrin tentang yang kongkret, karenanya setiap masalah harus dievaluasi ulang dalam cahaya situasi historis dan unik untuk memahami tradisi Soviet dalam estetika Marxis dan membongkar masalah terbesar dalam hubungan artistik dengan konstruksi sosialisme, ia pun menelusuri teori estetika pra-revolusi dan pos-revolusi Rusia dan Eropa Timur.

Dengan gaya akademisi Prancis yang jernih dan Sederhana, Arvon menganalisa perkembangan utama sejarah estetika marxis sejak dari Marx dan Engels. Tulisan-tulisan Marx dan Engels diterangkan dalam kaitannya dengan estetika Hegellian maupun dengan kontroversi-kontroversi artistik periode tersebut.

Category: .

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Estetika Marxis”