Orang Kalah

Orang-Orang Kalah: Kisah Penyingkiran Masyarakat Adar Kepulauan Maluku

Product Description

Judul : Orang-Orang Kalah: Kisah Penyingkiran Masyarakat Adar Kepulauan Maluku
Penulis : Roem Topatimasang
Harga : Rp.32.000,-
Penerbit/Tahun: Penerbit Insist/2004
Halaman : 243 Hal.

Potret Wajah Orang Maluku*
MULANYA, buku berjudul Orang-Orang Kalah ini merupakan laporan hasil kajian awal yang diprakarsai Yayasan Sejati pada 1993. Kajian awal ini dilakukan agar diperoleh landasan kuat untuk merealisasikan program berperspektif budaya dan lingkungan hidup yang langsung menyentuh kebutuhan maupun kepentingan kelompok masyarakat tradisional/adat di Maluku.
Buku ini hasil laporan delapan orang, yang terdiri atas Pieter Elmas, Nus Ukru, Robby Teniwut, Soleman Ubro, Minggus Umbu Saza, Dudit Widodo, Erwin Panjaitan, dan Roem Topatimasang. Penerbitnya, Insist Press dan Perkauman Pendidik untuk Keadilan Sosial (Perdikan), merupakan bagian dari upaya pengumpulan dana yang membantu kerja para relawan kemanusiaan.
Perdikan tergabung dalam Himpunan Maluku untuk Kemanusiaan (Humanum), sebagai Jaringan Baileo Maluku, yang melakukan proses perdamaian dan pemulihan pascakerusuhan maupun konflik sosial di Maluku, 1999-2002.

Gelombang kerusuhan sosial yang melanda wilayah itu, terutama di Kota Ambon dan sekitarnya, dalam kurun waktu tersebut, merupakan fenomena menarik. Selain karena masa berlangsungnya yang nisbi cukup lama, juga sifatnya yang sulit diduga dan sangat rumit karena semakin tidak jelas ujung pangkal maupun para pelaku yang sesungguhnya.

Uniknya lagi, daerah ini pernah tercatat sebagai provinsi paling aman dan tenang, bahkan paling rukun. Namun, selama rezim otoriter militer Orde Baru, justru menimbulkan banyak kerusuhan sosial berskala masif di banyak daerah lain. Misalnya di Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua.

Kerusuhan berskala kecil dan sporadis, seperti perkelahian antarkelompok atau antarkampung, memang banyak terjadi di Maluku selama masa tersebut. Cuma, selalu bisa terkendali karena tak sampai berskala luas dan berjangka lama

Category: .

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Orang-Orang Kalah: Kisah Penyingkiran Masyarakat Adar Kepulauan Maluku”