Sale!
Orang Kota Gede

Orang-Orang Kotagede (kumpulan cerpen)

Rp27,500.00 Rp22,000.00

Product Description

Judul : Orang-Orang Kotagede (kumpulan cerpen)
Penulis : Darwis Khudori
Penerbit/Tahun : Pustaka Pelajar / 2012
Halaman : 188 Hal

Kotagede adalah sebuah kota tua dengan sejarah panjang, mendahului Yogyakarta itu sendiri sebab disinilah kerajaan Mataram Islam bermula. Dengan demikian secara cultural, kotagede sesungguhnya tidak lain merupakan suatu kota suci dan tempat peziarahan orang jawa, pusat kejawen namun dalam perkembangannya Kotagede menempuhn jalur yang diluar dugaan. Kotagede masa kini juga terkenal sebagai kota kaum santri ( yang berkecendrungan pada pemurnian Islam) dan masyarakatnya dikenal mempunyai etos dagang atau kewirausahaan yang relative tinggi, sesuatu yang jarang ditemui di dalam nukleus kebudayaan jawa setelah masa mataram Islam.

Perkembangan yang demikian itu mengandaikan ada sebuah proses luar biasa yang terjadi dalam sejarah Kotagede. Dengan demikian, menggali Kotagede dari segi sejarah dan social budayanya adalah sebuah upaya yang sangat menantang, menjanjikan penemuan hal-hal yang unik dan seringkali di luar dugaan.

Kumpulan cerpen ini menceritakan bagaimana orang-orang Kotagede terutama rakyat kecil, kaum buruh dan pedagang gurem, yang merupakan bagian terbesar dari penduduk Kotagede, hidup dalam kompleksitas sosial mereka-hasil dari proses sejarah panjang yang penuh dengan pertarungan kepentingan kekuasaan, ideologi, ekonomi dan berbagai kekuatan budaya. Dan cerita tentang mereka bukan hanya tentang kesengsaraan, keluguan, kemiskinan, ketersisihan melainkan juga kemenangan, kegembiraan atau bahkan keculasan dan kebrutalan.

Category: .

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Orang-Orang Kotagede (kumpulan cerpen)”