Sale!
Sejarah Eropa

Sejarah Renaisans Eropa

Rp40,000.00 Rp32,000.00

Product Description

Judul : Sejarah Renaisans Eropa
Penulis : Alison Brown
Penerbit/Tahun: LKPM Kreasi Wacana/2009
Halaman : 298 Hal.

Sejarah Kebudayaan modern, dengan segala kelebihan dan kekurangannya bagi umat manusia dan kemanusiaan, berawal dari kota-kota Italia dan Prancis Selatan tahun 1300-an Masehi. Kota-kota ini tidak berada di bawah otoritas Raja, bangsawan maupun pihak gereja seperti daerah-daerah lain kala itu. Para warganya menyebut diri mereka sebagai “komuni” otonom yang mampu mengatur diri sendiri.

Komuni-komuni ini berkelimpahan daya imajinasi dan rasa ingin tahu karena kemakmuran yang ada pada merek a, sejak semula wilayah mereka adalah wilayah perdagangan, tempat para saudagar bertemu, tawar-menawar dan tentu saja bertukar gagasan dan informasi. Dalam perjumpaan-perjumpaan ini, yang dipertaruhkan bukan hanya untung rugi jual beli, tapi juga gengsi dan nama baik. Persaingan yang terjadi di arena kebudayaan untuk memperebutkan nama baik dan hak untuk dikenang sebagai orang-orang berbudaya sama sengitnya dengan persaingan dalam mengejar keuntungan perdagangan.

Para saudagar kaya dan bangsawan terhormat berburu naskah-naskah filsafat dan sastra peninggalan zaman Yunani dan Romawi, berlomba-lomba membangun bangunan dan patung-patung terindah, memesan lukisan-lukisan dari seniman terbaik yang ada, dan mengupayakan dunia pendidikan yang yang mampu menghidupkan kembali kejayaan Yunani dan Romawi. Buah dari semua itu terbukti jelas dalam kekaguman zaman sekarang ketika menikmati keindahan dan keanggunan peninggalan masa keemasan komuni-komuni itu; sebuah masa yang lebih dikenal sebagai masa renaisans.

Categories: , .

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Sejarah Renaisans Eropa”