Sale!
Sejarah Modern

Sejarah Resmi Indonesia Modern

Rp70,000.00 Rp56,000.00

Product Description

Judul : Sejarah Resmi Indonesia modern (versi orde baru dan para penantangnya)
Penulis : Michael Wood
Epilog : Asvi Warman Adam
Penerbit/Tahun : Penerbit Ombak/2013
Halaman : 364 Hal.

Sejak zaman dahulu kita sangat akrab dengan tulisan-tulisan yang berbau sejarah yang diproduksi oleh penulis istana yang direpresentasikan oleh mpu-mpu dan pujangga-pujangga keraton yang banyak menulis atau mengeluarkan prasasti-prasasti, piagam dan lain sebagainya. Informasi yang mereka buat tentu saja bermaksud mengagung-agungkan dan menguntungkan petinggi mereka masing-masing, dan jelas mengandung bumbu-bumbu hegemoni. Informasi tersebut menjelma menjadi tesis dan dianggap benar oleh sebagian pihak, namun di sisi lain ada pihak yang terpinggirkan sehingga memaksa mereka membuat informasi lain yang dapat disebut antitesis. Kiranya begitulah dunia intelektual yang senantiasa berjalan dialektis. Pertarungan wacana sepertinya memang ditakdirkan untuk selesai, karena toh –menurut nasihat Hegel—ilmu pengetahuan itu hanyalah suatu media untuk membantu kita meraba yang absolute, sejarah yang an sich.

Buku ini membahas politik sejarah era orde baru dengan menyuguhkan konstruksi-konstruksi wacana-wacana sejarah yang melahirkan suatu sejarah resmi versi orde baru dengan konsep jawa-sentris yang kental, sehingga menyingkirkan pihak-pihak lain (baca: non-jawa). Buku ini juga berusaha menjelaskan sebuah “sejarah dalam penantian”. Sebuah pandangan tandingan terhadap sejarah resmi versi orde baru. Pandangan tandingan atas sejarah resmi versi orde baru tersebut menyangkut peran Islam, PKI, hingga Sriwijaya dalam sejarah Indonesia modern. Dr. Asvi Warman Adam dalam Epilog-nya di buku ini juga menjelaskan usaha-usaha politik sejarah yang dilakukan oleh penguasa orde baru.

Dari judul ini jelas bermaksud untuk menguak sejarah resmi Indonesia versi orde baru dan para penantangnya. Semoga buku ini mencerdaskan, selamat membaca!

Category: .

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Sejarah Resmi Indonesia Modern”